Pixable: Cara Asik Mengelola Foto dan Bermedia-sosial di Ponsel.

Sejak ponsel dilengkapi kamera yang bagus, dan media sosial kian mudah diakses via ponsel, sepertinya kehidupan banyak yang berubah. Mereka yang semula terlihat kurang suka memotret, kini dengan ponselnya sebentar-sebentar motret. Lalu dengan cepat menyebarkannya ke jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Dulu, sebelum makan, kita berdoa terlebih dulu. Kini, mungkin lebih asik memotret dan menyebarkan ke media sosial daripada berdoa sebelum makan.

Jika ada istilah mendadak ndangdut, sekarang ada mendadak suka motret. Tentu bukan sekedar motret, tetapi motret untuk dipamerkan ke teman-temannya di media sosial. Tidak aneh jika kini Facebook menjadi situs penyimpan koleksi foto terbesar di dunia.

Jangan heran jika foto adalah file terbesar yang tersimpan di ponsel karena sebentar-sebentar motret. Begitu pula, file terbesar di media sosial itu foto dan video yang dipamerkan para penggunanya.

Coba cek berapa foto yang kita sebarkan di jejaring sosial. Betapa kagetnya ketika tahu-tahu saya sudah memamerkan ribuan foto di media sosial,  terbanyak di Instagram (1.200 an), sisanya tersebar di Facebook, Foursquare, Twitter, Flickr. Saya bisa tahu dalam sekejap data itu karena terlihat otomatis di aplikasi Pixable di ponsel.

Apa itu Pixable?

Pixable itu aplikasi untuk mengelola foto kita, baik yang ada di ponsel, maupun yang tersebar di berbagai media sosial. Dengan tagline “Your Photo Inbox” sepertinya Pixable ingin menggambarkan dengan mudah: apapun fotomu, di mana pun fotomu, bisa diakses via Pixable.

Asiknya lagi, kita bisa tahu apa yang terjadi dengan foto/video teman-teman kita di berbagai jejaring sosial. Apapun dan di mana pun foto-foto temanmu, bisa diakses via Pixable. Ibarat aplikasi email, apapun pesanmu, pesan teman-temanmu, bisa diakses dengan satu aplikasi email. Pixable itu in-boxnya foto di ponsel dan berbagai media sosial kita.

Kita bisa tahu momen-monen terbaik teman-teman di Facebook, Instagram dan Twitter yang diungkapkan via foto dan video.

Jadi, Pixable itu aplikasi jejaring sosial yang memadukan berbagai foto dan video dari berbagai jejaring sosial lain.

Bagi yang memang senang dengan foto dan video, cukup membuka satu aplikasi Pixable di ponsel, untuk mengelola semua foto dan video kita yang bertebaran di Facebook, Instagram, dan Twitter, sekaligus menimati foto dan video teman-teman kita di berbagai jejaring sosial tersebut.

Praktis.

pixable

Nah, yang lebih praktis adalah, Pixable juga bisa untuk memotret. Jika biasanya icon kamera dan image muncul terpisah di ponsel, dengan Pixable, kita cukup punya satu shortcut untuk kamera dan gambar. Ini irit ruang di ponsel.

Sebagai penggemar foto, layar pertama ponsel saya ada shortcut icon kamera, foto, Instagram, Facebook, dan Twitter. Kini lebih ringkas: Pixable menggantikan kamera dan foto.

 

Multi Platform.

Gambar di atas menunjukkan Pixable di iPhone. Tetapi Pixable tidak hanya berjalan di platform iOS. Aplikasi manajemen foto ini juga berjalan di Android dan Nokia.

Jadi, kalau kita punya dua ponsel beda platform, kita tetap bisa menggunakan kedua ponsel itu Pixable, seperti kita bisa mengakses akun Facebook, Twitter, Instagram yang sama di berbagai ponsel yang berbeda platform.

Di mana mendapatkan aplikasi Pixabe?

Cara paling mudah mengunduh aplikasi Pixable, langsung saja ke situsnya di Pixable.com.

Di situs webnya, ada logo App Store, Google Play, OviStore dan KindleFire. Pengguna iPhone dan iPad, tinggal klik logo AppStore untuk mengunduh aplikasinya. Pengguna ponsel Android klik logo Google Play dan pengguna ponsel Nokia, klik logo OviStore. Aplikasi akan terinstal di ponsel dengan mudah.

 

ID: Facebook

Menggunakan Pixable sangat mudah. Setelah mengunduh aplikasi, langsung saja mendaftarkan diri dengan akun Facebook kita.  Begitu bisa login dengan akun Facebook, kita bisa melihat semua arsip foto-foto kita di Facebook, mulai dari awal hingga yang terbaru, tanpa harus membuka aplikasi Facebook di ponsel atau akses via web di desktop.

Bahkan, foto-foto  yang ada di ponsel, bisa langsung diunggah ke Facebook via Pixable dengan mudah.

Tersambung ke Twitter.

Setelah login dengan Facebook, jika punya akun Twitter, kita bisa menyambungkan Pixable dengan akun Twitter, untuk mempermudah kita berbagi foto.

Dengan tersambung ke kedua media sosial terbesar di Indonesia itu, amatlah mudah untuk berbagi foto/video via Pixable. Saya amat menyukai kopi hitam tanpa gula, dan sering pamer di tiga media sosial (Facebook, Twitter dan Instagram).  Kini dengan Pixable proses unggah foto lebih mudah.

Caranya mudah: pilih fotonya, lalu pilih ingin diunggah di mana: di Twitter atau Facebook. Lalu, tulis teksnya. Klik! Lansung muncul di media sosial yang dituju.

Mudah. Praktis. Asik.

Tersambung ke Instagram

Bagi penggemar foto, meski bukan profesional, rasanya Instagram itu media sosial yang wajib dipakai. Dan memang, pengguna Instagram melonjak, sampai-sampai foto di Facebook dan Twitter pun didominasi foto-foto yang berasal dari Instagram. Tak mengherankan jika Facebook pun lalu mengakuisisi jejaring sosial berbasis foto tersebut.

Nah, karena ID Pixable menggunakan Facebook, tak sahih rasanya jika tak tersambung ke Instagram juga. Maka, selain tersambung ke Twitter, penggunaan Pixable akan terasa lebih asik jika tersambung ke Instagram juga.

Gambar-gambar di Facebook dan Instagram mendapat tempat yang strategis di Pixable: berada di pososi teratas.

Maka, via satu aplikasi Pixable, kita bisa menikmati momen-momen penting teman-teman kita di Facebook dan Instagram, yang diekspresikan via Facebook dan Twitter, tanpa harus membuka masing-masing aplikasi jejaring sosial tersebut.

 

Komentar via Pixable:

Apa asiknya jika bisa menikmati foto-foto teman-teman kita di Facebook dan Instagram via Pixable tapi tak bisa mengomentarinya tanpa harus membuka foto tersebut di masing-masing jejaring sosial tersebut?

Nggak usah khawatir. Kita bisa mengomentari foto teman di Facebook dan Instagram langsung via Pixable dan langsung muncul di kedua jejaring sosial tersebut. Bahkan, percakapan dan komentar terhadap foto itu bisa kita baca semua via Pixable secara realtime.

Selain komentar, fungsi-fungsi lain yang ada di Facebook dan Instagram pun bisa dilakukan via Pixable, seperti “like”. Cukup mengklik icon like di Pixable terhadap foto teman yang kita sukai, status like otomatis akan muncul di Facebook atau Instagram teman kita.

Asik bukan? Hanya dengan satu aplikasi foto, kita bisa menikmati momen-momen indah teman-teman kita di Facebook dan Intagram, sekaligus ikut berbagi rasa, memberi komentar, me-like, via satu aplikasi Pixable.

 

 

Bukan Hanya Foto, Video Juga.

Selain foto, yang menarik bagi pengguna media sosial seluruh dunia adalah video. Dan, gudang video online terbesar di jagad saat ini ya Youtube.

Pixable pun memberi ruang bagi pengguna Pixable untuk menikmati video-video di Youtube.  Ada dua kanal Youtube di sini: video ad paling banyak disebarkan serta video paling banyak diputar di Youtube.

 

Foto Favorit.

Salah satu keunggulan Pixable adalah: kita bisa menfavorit foto-foto teman-teman kita yang bertebaran di Facebook, Instagram, dan Twitter untuk “disimpan” di Pixable.

Fitur favorit saat ini hanya ada di Twitter. Di Facebook dan Instagram, belum. Nah, Pixable mengakomodasi kekurangan ini dengan fitur favorit foto untuk semua jejaring sosial.

Dan itu cukup dengan satu aplikasi di ponsel: Pixable.

Kanal-kanal foto/video

Selain foto/video kita dan teman-teman kita di media sosial, Pixable mempersembahkan kanal-kanal foto/video untuk kita nikmati.

Saat ini ada kanal Lomogaphy, Style & Fashion, Funny, Comics, New Movie, Top News, Travel and Places, Music Celebs, Cute, Sport .

Jadi, buat saya sih, Pixable bukan sekadar Photo Inbox.

Ini kombinasi manajemen foto/video, agregator foto/video di media sosial, sekaligus portal untuk menikmati foto/video yang bisa diakses via web dan smartphone.

Mau mencobannya?

Silahkan unduh di Pixable.com

Related posts

9 Thoughts to “Pixable: Cara Asik Mengelola Foto dan Bermedia-sosial di Ponsel.”

  1. kw

    wah baru tahu, aplikasi yang inspiratif ni
    segera download…
    terimakasih pak sharingnya

  2. Hyuk didownload biar nggak pusing dengan banyaknya akun, atau malah semakin nambak banyak saja akun? 😀

  3. Terima kasih info-nya Pak.

    Bagaimana bila dioptimalkan untuk keperluan bisnis, misalnya memasarkan produk?

    Thanks

    Wadiyo

  4. wow dulu aku pakai padgram untuk insta… ini malah lebih asik lagi kalau makai pixable.. thanx untuk reviewnya pak

  5. Thanks Bapak, ini informasi yang lagi saya cari

  6. Trims mas. Sudah berbagi. Infonya kebetulan saya sedang cari. salam.

  7. asiik ini, makasih Oom Nukman ^_^

  8. Alwan fauzan aziz

    langsung di download pak… berguna banget.. maksih infonya.

  9. keren, bisa jadi bagus koleksi fotonya, mirip galeri.

Leave a Comment