home
Review

Bekerja dan Berkolaborasi lewat Trello

Posted on September 6, 2013

commentsComment: 1 Comment

Dewasa ini cukup banyak pengguna internet, ponsel dan sosial media yang sangat aktif, yang ponselnya dijejali berbagai aplikasi. Mulai dari aplikasi messaging seperti WhatsApp dan Line, aplikasi social media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan Path, hingga aplikasi produktivitas seperti DocToGo. Tentu saja ada pula aplikasi hiburan dan game .

Penulis termasuk salah satu di antaranya. Tapi, ada satu yang sangat penting bagi penulis sebagai pemimpin perusahaan yang sedang mengembangkan beberapa ide atau proyek baru. Penulis perlu tahu bagaimana perkembangan ide/proyek tersebut, sesuai dengan jadwal atau tidak, apa hambatan-hambatannya, dan bagaimana solusinya jika ada masalah.

Bisnis akhir-akhir ini menuntut kita untuk senantiasa up-to-date tanpa melupakan perkembangan internal perusahaan. Seorang pemimpin dituntut untuk tahu banyak hal, mulai dari perkembangan bisnisnya, kebijakan pemerintah yang langsung atau tidak langsung mempengaruhi bisnisnya, me-review laporan dari timnya mengenai apa yang terjadi, serta selalu mengikuti progress internal di organisasinya. Dan itu bisa dilakukan melalui ponsel. Ada beberapa aplikasi manajemen proyek, penulis menyisipkan Trello di antara sekian banyak aplikasi di ponsel.

Mengelola proyek

Kemampuan mengelola proyek (project management) merupakan salah satu aspek yang mutlak dimiliki oleh pimpinan dalam suatu perusahaan. Banyak orang memilih menggunakan medium tradisional seperti pena dan kertas, namun tidak sedikit pula yang telah memanfaatkan teknologi untuk mengelola proyek tersebut. Ada yang menggunakan peranti lunak biasa semacam Excel atau Access, ada pula yang telah menggunakan aplikasi khusus project management, seperti Trello.

Trello pada dasarnya adalah sebuah aplikasi online yang dapat dibuka oleh siapa pun yang memiliki koneksi Internet menggunakan browser dan bertujuan untuk memudahkan siapa saja dalam mengorganisasikan sesuatu atau semuanya.

Sesuai dengan slogannya, “Organize anything, together”, Trello selain bisa digunakan untuk mengorganisasikan sesuatu (“organize anything”), juga dapat digunakan bersama-sama atau kolaborasi (“together”). Trello memudahkan siapa pun dalam bekerja dan berkolaborasi bersama tim.

Kemampuan dasar Trello yang hampir pasti dibutuhkan setiap orang adalah kemampuannya dalam membuat tugas-tugas secara cepat, dan membaginya ke dalam kolom-kolom yang dapat kita buat sendiri. Sebagai contoh, kita dapat memasukkan tugas-tugas seperti “Membuat kontrak”, “Bertemu klien”, “Negosiasi revenue share”, “Rapat mingguan departemen penjualan”, dan sebagainya ke dalam satu kolom tersendiri, yaitu “Tugas Pekan Ini”.

Kita bisa memiliki kolom yang lain seperti “Lakukan Hari Ini” dan “Selesai”. Saat kita atau rekan mengerjakan kontrak, memindahkan tugas “Membuat Kontrak” dari kolom “Tugas Pekan Ini” ke dalam kolom “Lakukan Hari Ini”, maka semua tim yang memiliki akses ke Trello akan mengetahui bahwa kita atau rekan, saat ini sedang mengerjakan kontrak. Lalu ketika selesai, kita atau rekan memindahkan tugas tersebut ke dalam kolom “Selesai”, otomatis saat itu juga secara realtime tim akan mengetahui bahwa pekerjaan membuat kontrak telah selesai.

Pantau langsung dari ponsel

Trello juga dapat digunakan untuk memberikan penugasan dari kita atau siapa pun yang tergabung dalam tim kepada orang lain. Saat Anda ingin menyelesaikan tugas “Bertemu Klien” misalnya, dan kita tidak ada waktu, kita dapat mendelegasikan tugas tersebut kepada salah satu tim. Di Trello, kita dapat meng-assign tugas hanya dengan meng-klik tugas tersebut dan mengaitkannya dengan salah satu account milik orang di dalam tim yang ingin kita beri delegasi.

Trello sangat powerful di desktop. Bagaimana jika kita sangat sibuk sehingga tidak sempat membuka laptop atau komputer? Trello ternyata dapat digunakan tidak hanya di laptop atau komputer meja saja melainkan juga dapat diakses melalui ponsel pintar (smartphone). Aplikasi Trello yang tersedia di Android dan iPhone memudahkan kita untuk terus memantau perkembangan bisnis melalui penyelesaian tugas-tugas langsung dari ponsel.

Jadi, ponsel pun, asal memiliki koneksi Internet yang cepat, bisa digunakan untuk hiburan, bermedia sosial, serta mengelola perusahaan dalam skala tertentu. Penulis kini tak perlu rewel menelpon hanya untuk menanyakan perkembangan ide/proyek sampai di mana saat penulis jauh dari kantor. Cukup buka aplikasi Trello di ponsel, perkembangan proyek terpapar di sana. Tentu saja, syarat utamanya, tim harus meng-update perkembangan proyek secara real time di project management online tersebut.

@nukman

dimuat di koran Kompas Jum’at 9 September 2013, sisipan KompasKLASS

Bookmark and Share

One Response to “Bekerja dan Berkolaborasi lewat Trello”

  1. affanul says:

    mantab gan infonya, sekarang jamanya online jadi pas baget software ini untuk mengontrol manajemen didalam perusahaanya, di tunggu pk nukman tulisan berikutnya :)

Leave a Reply

Twitter

Follow   

Twitter FB Email RSS

Search   


Recent Comments   

toni:

Sy pernah merasakannya di sosmed, pak :) Gara2 belakangan banyak bermunculan informasi menyesatkan, terutama...

paket wisata bromo:

sepertinya bidang usaha yang di bicarakan sama,, tapi untuk mengembangkan usaha tersebut butuh...

Buddy Sutarno:

Saya kira kesimpulannya kok cuma di sini : “3/ Kunyah dulu sebelum ditelan. Gunakan akal sehat...

ardiansyah koto:

Saya Izin kopas ya Pak tulisannya buat Thread di kaskus, soalnya saya suka dengan tulisan Bapak,...

gajahpesing:

setuju dengan nomor 3 :)

PortalHR.Com