Memulai Bisnis Bermodal Gagasan

Modal hampir selalu menjadi kendala utama para calon pengusaha. “Nggak punya modal,” itulah alasan klasik yang sering terdengar. Lalu muncullah pertanyaan yang berulang-ulang ditanyakan dari dulu hingga sekarang: “Bisakah kita memulai bisnis tanpa modal?”

Tentu saja, salah satu syarat berbisnis adalah modal. Namun, sayangnya, selama ini yang dianggap modal oleh awam adalah modal uang sendiri. Tunai. Jika seperti itu memang bisa jadi hambatan untuk memulai usaha. Namun jika modal itu bukan uang sendiri, atau modal itu bukan semata-mata uang tunai, maka memulai bisnis tanpa modal (tunai) itu sangatlah mungkin.

Saya ingat beberapa tahun lalu, Agus Supriyadi dan calon istrinya, yang masih tak punya uang, ke sana kemari menjual idenya ke pengelola hotel di Yogya dengan beberapa carik kertas.  Mereka kemudian bisa membangun portal pariwisata berbahasa Inggris dan Indonesia: Yogyes.com. Kini, Yogyes.com sudah menjadi rujukan bule ketika bertandang ke Yogyakarta. Hotel-hotel di Kota Gudeg itu pun rasanya ada yang kurang jika tidak terdaftar di Yogyes.

Apakah Yogyes dibangun pakai modal? Tentu, ada biaya bensin bolak-balik naik motor, biaya mencetak proposal, biaya makan seadanya selama belum tembus proyeknya.  Tapi itu tidak seberapa, hanya beberapa puluh ribu rupiah. Yang “tak ternilai” adalah gagasannya. Ketika ada beberapa hotel yang akhirnya mau “membeli idenya” untuk beriklan di sana, mereka membangun portal Yogyes.

Banyak contoh pengusaha pemula yang seperti Agus, yang tidak pusing dengan modal uang tunai. Mereka terus “menjual gagasannya”.  Pelangganlah yang kemudian membiayainya kebutuhan awalnya.

Jamil Azzaini, insporator SuksesMulia yang punya banyak bisnis itu pernah bercerita, saat masih mahasiswa ia berbisnis dengan menjadi penjual buku. Dari mana modalnya? “Dari uang muka para pembeli buku,” katanya.

Saya juga punya kisah agak mirip. Ketika memulai bisnis, saya mempersiapkan modal uang tunai cukup banyak. Namun, perusahaan belum berdiri, saya sudah bisa membuat proposal dan memenangkan proyek pembuatan web. Uang muka proyek itulah yang saya pakai sebagai modal awal usaha. Ya, pada dasarnya, bisnis saya pun dimulai dengan dimodali pelanggan.

Untuk contoh skala besar, perhatikan para juragan properti. Mereka hanya menjual gambar, tanah masih kosong melompong, namun bisa mendapatkan pembeli yang membayar uang muka. Para pengusaha properti itu menerapkan strategi Pre-Sales: jualan dulu meski barangnya belum berwujud. Dengan uang muka dan pinjaman bank, mereka kemudian membangun propertinya.

Gagasan pun bisa menjadi modal!

Ideas

Jadi, sekarang singkirkan jauh-jauh pertanyaan “Bisakah memulai bisnis tanpa modal uang tunai?”. Dalam banyak kasus, gagasan pun bisa menjadi modal. Uang muka dari pembeli bisa jadi modal.

Pertanyaan kini perlu diganti: “Bagaimana bisa mendapatkan uang muka dari pelanggan agar bisa memodali usaha?” Di sinilah otak kreatif pengusaha diuji. Salah satu ujian bagi pengusaha adalah: bisakah mendapatkan uang dari pihak lain untuk memulai usahanya.

Salah satu syarat menjadi pengusaha itu kemampuan mencari modal untuk menjalankan usahanya. Bukan memiliki modal tunai.

*sumber foto di sini.

Related posts

30 thoughts on “Memulai Bisnis Bermodal Gagasan

  1. Ahmad Fauzi

    Sangat inspiratif. saat ini saya sendiri sedang bingung mau usaha apa? bbrpa yg sudah saya mulai gagal krna mentok biaya. (@ahmFauziGo)

  2. Sungguh menginspirasi.
    Pada dasarnya saya sangat setuju dengan artikel ini. Namun meski serasa mudah memulai bisnis tanpa modal.. akan tetapi tetap saja ada batu-batu sandungan di masa depan.. yang pada akhirnya akan menjadi proses pembelajaran yg sangat menyenangkan.. pada akhirnya.

  3. Nice Posting !!
    Ujiannya seperti yang dipikiran saya .
    Pingin berbisnis tapi uang belum punya .
    Mau minjam di Orang tua tapi orang tua lagi dalam berbisnis juga . Jadi kata Ayah saya , kalau bisnis ayah ( bisnisnya masih dalam proses ) udah selesai , entar kamu boleh pinjam uang Ayah . Mau minjam di Bank/KPR , tapi usia belum memadai ( 18 tahun ) .

  4. Ada yg kasih tips ke aku
    “Kalau berbisnis dengan modal uang itu bukan bisnis, tapi judi”
    Dan kata2 itu mengubah semua persepsiku ttg bisnis

  5. Mungkin yang menjadi masalah jika kita terpaku pada satu sisi: punya duit hanya memutar duit; tidak ada uang, mandeg karena alasan ini.

    Uang, ide, waktu, dll. kan sumber daya, dalam banyak kasus jenis-jenis sumber daya ini dapat dikonversi satu ke yang lain. Jika sedang tidak ada duit, coba manfaatkan sumber daya yang lain; tapi jika memang sudah punya duit, ya dipakai saja agar proses lebih efisien.

  6. putri eliya

    Aku mempunyai banyak ide,dan ide tersebut masih belom aku laksanakan krn keragu2an dan modal..terima kasih pak..saya jd bersemangat lagi krn membaca blog bpk ini…

  7. cerita-cerita ini kl dibukukan pasti laku, byk yg pgn tau cerita awalnya usaha. jadiin buku aja pak nukman. bagus. Tonton

  8. nita

    Awalnya aku sempet seperti itu Pak, bingung dengan modal. Alhamdulillah sekarang aku sudah mulai bisnis onlineku tanpa modal loh 🙂 . Modalnya niat,doa dan tentunya laptop plus sambungan internet.Jadi tambah Semangat nih setelah baca postingan Bapak:) ….

  9. modal diputar terus supaya jadi berlipat 😀 hehehe

  10. […] Posting tentang ide dan pengalaman tentang suatu topik tertentu yang bertujuan untuk menginspirasi orang lain. Posting ini relatif sulit, tapi mudah berpengaruh dan menyebar melalui media sosial. Contoh: Bijak Saat Memberi Nasihat, Digital Media di Indonesia atau Memulai Bisnis Bermodal Gagasan […]

  11. Saya suka artikel anda pa. Sangat inspiratif, kritis dengan pola pikir yang telah anda dan memberikan suatu pencerahan baru mengenai modal usaha. Moga saya bisa mewujudkan apa yg saya impikan dan mimpi menjadi modal saya..

    Slamet Purwanto

  12. Sepertinya saya masuk kategori ini….

  13. bagi yang belum punaya modal, jalan yang paling mudah jadi pengusaha adalah BERDAGANG, lebih tepatnya menjualkan barang milik orang lain 😀

  14. Ternyata ingin jadi buka usaha, toko, peterdakan, pertanian, dll. tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit..maka salah satu upaya yang dapat di lakukan adalah dengan marketing online..menjual barang milik orang lain via internet atau dg sistem afiiliasi

  15. Bagus banget artikelnya, menginspirasi kami yang modalnya cekak u tdk menyerah memulai bisnis. Saya tunggu artikel lainnya pak yang akan menambah semangat kami yang newbie

  16. orang bilang mulai bisnis harus punya modal/uang gede, ternyata dengan modal ide dan kepercayaan bisa kok bikin bisnis 🙂 … thanks artikelnya pak noekman

  17. Dadang

    Sesuatu yang saya belum mampu mengikutinya

  18. Selama ini juga saya menjalankan sesuai isi artiklenya, tapi masih banyak kendala. Dan memang harus kita jalanin. Salah satu solusi bagus adalan bisnis online tanpa modal he he… Bener tidak ?

  19. fahmi

    Essai bapak buat saya mau coba usaha dari pada kerja

  20. Bener om kadang dari sebuah gagasan akan timbul gagasan lain yang dapat di jadikan sebuah modal usaha, saya malah karena ingin balas dendam loh….

  21. Rizky Kurnia

    hebat.. hopefully besok aku bisa jadi wirausahawan muda yg sukses.. aamiin ya allah

  22. betul sekali pa. gagasan itu yang mahal. gagasan yang baik akan menghasilkan produk yang jitu dan strategi bisnis yang mumpuni. Modal dengan sendirinya akan datang dengan gagasan yang brilian.

  23. modal sangat penting namun yang paling penting adalah kejelian dalam melihat peluang dan menanfaatkannya..nice info

  24. modal sebenarnya tidak melulu berupa uang,isi otak kita atau gagasan dan ide yang harus ada dan paling utama. sy sendiri klo masalah uang buat usaha yg baru dirintis lebih suka mencari investor atau pinjam ke bank,jadi resiko duit ilang buat belajar bisa di minimalkan ( cara licik..haha)

  25. sepertinya bidang usaha yang di bicarakan sama,, tapi untuk mengembangkan usaha tersebut butuh perjuangan yang sangat panjang,, terkadang dari awal pelayanan masih belum memuaskan, tapi dengan adanya modal belajar dan terus belajar akhirnya bisa.. salam gangat.

  26. Memang betul, sebuah bisnis,,MOdal uang bukan segalanya. Dalam arti adanya modal besat tidak menjamin sebuah usaha atau bisnis itu sukses.. oleh karena jika kita punya gagasan untuk bisnis segera jalankan… belajar, belajar dan belajar…
    Saya membangun bisnis Kampung Batik Giriloyo

    Village Batik Giriloyo

    Desa Wisata Batik Giriloyo
    semata-mata dadi sebuah Gagasan untuk mencari terobosan baru…

  27. Modalnya hanya itu, pokoknya action dulu ya Pak
    trims

  28. terimakasih sudah berbagi pelajaran yang sungguh inspiratif..

    jangan lupa untuk menemukan strategi berbisnis lainnya di sini.

    semoga bermanfaat!

  29. Jadi makin terpacu untuk membangun website yg saya kelola..terima kasih artikelnya memberikan motivasi bahwa tidak harus bermodal besar untuk menjadi besar.

  30. terima kasih infonya, benar – benar memotivasi saya dan teman – teman. Keep it up!

Leave a Comment