Susi Pudjiastuti: Sudah Menjadi Kupu-kupu.

Perempuan itu mengaku asli Jawa, wajar jika berbahasa Jawa. Namun karena bertahun-tahun berjibaku membangun bisnis di pantai Pangandaran, ia juga luwes berbahasa Sunda. Apa boleh buat, lantaran puluhan tahun melayani pelanggannya di manca negara, dan ia sering terbang ke sana dengan pesawatnya sendiri (ya, pesawatnya sendiri), ia pun bercakap bahasa Inggris seolah berlidah bule. Rasanya nyaris mustahil hal itu terjadi jika kita tahu masa lalunya, karena ia “cuma” lulusan SMP dan “hanya” bakul ikan laut. Wanita berkulit gelap eksotis itu bernama Susi Pudjiastuti.

Menteri-Susi

Barangkali, April ini kebanyakan perempuan Indonesia mengingat Kartini, para pahlawan perempuan lain, serta perempuan perkasa lain yang ditulis media menjelang Hari Kartini. Namun, yang terbayang di benak saya saat ini justru seorang perempuan yang lolos dari pantauan media. Saya justru ingat Susi Pujiastuti — seorang perempuan pebisnis, yang membangun bisnisnya dari nol, sehingga menjadi perusahaan pengekspor hasil laut segar (lobster, tuna, udang, kakap) kelas kakap di Indonesia dengan nilai ekspor puluhan juta USD. Maka untuk menuntaskan rasa ingin tahu mengenai sosoknya, tim Niriah.com — portal ekonomi bisnis syariah yang kami bangun tahun lalu — berusaha mewawancarainya.

Tak mudah mendapatkan waktu wawancara karena ia terbang ke sana ke mari. Ketika ia ada waktu, sekretarisnya mengirim sms, bahwa kami akan diterima di Pangandaran. Kami dipersilahkan ke bandara Halim, Jakarta dan akan dijemput dengan pesawat Cessna menuju Pangandaran. Maka terbanglah Mumu, editor Niriah.com, dengan salah satu pesawat Susi Air — maskapai pesawat carter yang dibangun Susi — menuju pantai Selatan.

Saya menulis di sini hanya untuk memberi catatan tambahan saja.

Pertama, ia seorang yang sukses karena gigih melewati proses.

Berbekal Rp 750 ribu hasil menjual gelang, kalung, dan cincin miliknya, Susi mulai jadi pengepul ikan pada 1983. Waktu itu ia baru sanggup membeli 1 kg, besoknya 2 kg, lusa 5 kg. Begitu seterusnya. Dalam tempo setahun, ia berhasil memasuki pasar Cilacap.

Makin maju usahanya, Susi lalu mulai menyewakan perahu untuk nelayan mencari ikan dan mobil untuk pengiriman. Kini ia punya ratusan perahu dan puluhan truk. Ia pun kemudian menjadi penyalur tetap hasil laut ke beberapa pabrik besar di Jakarta. Tiap hari, pukul 15.00, ia ke Jakarta untuk setor. Di tengah jalan, ia mampir ke Cikampek untuk mengambil kodok. Sampai di Jakarta malam. Setelah mandi dan istirahat ia langsung balik ke Pangandaran. “Begitu tiap hari,” tutur perempuan bersuara berat ini seperti dikutip Jawa Pos.

Ia terus berproses untuk maju.

Dari pengepul dan memasok pabrik dan restoran, ia kemudian meningkatkan diri menjadi produsen dan pengekspor hasil laut.

Kedua, dia selalu berusaha memberi nilai tambah.

Ia tahu, semakin segar ikan yang diekspornya, semakin tinggi pula harganya. Harga ikan dan udang yang fresh sampai ke Jepang kurang dari 24 jam, bisa dua kali lipat lebih mahal. Misalnya, ikan laut yang biasanya US$ 3/kg, maka kalau tiba kurang dari sehari semalam, harganya bisa menjadi US$ 8/kg. Itu sebabnya ia tak segan-segan membeli pesawat terbang Cessna agar ikan atau udang yang diekspor bisa tiba kurang dari 24 jam.

Ia juga tahu, semakin murni ikan itu dari bahan pengawet, semakin banyak diburu penggemarnya. Maka ia pun membuat pabrik pengolahan ikan tanpa bahan kimia. Pendinginnya pun ramah lingkungan karena menggunakan amoniak, bukan freon yang merusak ozon.

Ia juga paham, meski karyawannya bergelut dengan ikan setiap hari, mereka membutuhkan tempat kerja yang nyaman. Maka pabrik ikannya pun dibangun mirip mal — penuh dengan keramik dan kaca — meski untuk itu ia harus menggelontorkan biaya investasi yang lebih mahal.

Susi Pudjiastuti di depan pesawat New Piaggio Avanti di bandara pribadi kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat (foto AGus Wirawan / Jawapos)
Susi Pudjiastuti di depan pesawat New Piaggio Avanti di bandara pribadi kawasan Pantai Pangandaran, Jawa Barat (foto AGus Wirawan / Jawapos)

Ketiga, ia mengamalkan ilmu ekonomi bisnis.

Jangan tanya teori kepadanya. Ia akan menggeleng. Ia memang tak dibekali ilmu akademis. Sekolah SMA saja DO. Jadi ketika ditanya apa resep suksesnya, ia tak mampu menjawab. Tapi coba perhatikan apa katanya kepada Niriah.com: “Menurut saya ilmu ekonomi itu alamiah. Kalau orang mau berdagang, ya sediakan barang yang bagus, kasih harga yang bagus, begitu saja.”

Ia memang tidak belajar secara akademis. Namun dari jejaknya, terlihat jelas bahwa ia justru mengamalkan berbagai ilmu manajemen yang banyak diteorikan oleh para pakar manajemen.

Dengan ketiga faktor itulah, menurut saya, ia bermetamarfosa dari ulat (seorang yang tekun menggeluti bisnisnya tanpa mengeluh, pantang menyerah) menjadi kupu-kupu (pengusaha hasil laut yang sukses). Kini kupu-kupu itu terbang makin tinggi karena ia juga membangun maskapai pesawat carteran, sebagai ekspansi usahanya. Pesawat Cessna yang semula hanya dipakai untuk mendukung ekspor hasil lautnya ternyata mampu menggugah semangat wirausahanya untuk masuk ke bisnis baru: pesawat carteran. Tahun ini ia bakal memiliki 14 pesawat kecil yang terbang ke daerah-daerah pelosok, termasuk Aceh dan Papua.

Related posts

95 Thoughts to “Susi Pudjiastuti: Sudah Menjadi Kupu-kupu.”

  1. […] Pak Nukman mulai memberikan motivasi dengan menceritakan tentang wanita entrepreneur hebat bernama Susi Pudjiastuti yang sekarang sudah punya maskapai Susi Air (ada 14 pesawat Susi Air yang digunakan untuk keperluan […]

  2. […] contoh wanita yang sukses meniti gelombang kewirausahaan dari nol. Termasuk dalam contoh itu adalah Susi Pudjiastuti. Tiga dara pendiri Kutukutubuku.com — Ollie, Angel, dan Christine — juga termasuk yang […]

  3. Rini

    Saya lupa kapan tepatnya, tapi saya pernah membaca tulisan tentang Ibu luar biasa ini di koran kompas!
    Luar biasa. Dasyat !!
    No pain no gain !!
    Hanya itu yang mampu saya ucapkan untuk mengungkapkan rasa kagum saya pada Ibu. Bagi saya pribadi, Ibu benar2 inspiring woman masa kini dan akan datang!!!!

  4. susilowati

    wah bu susi hebat yach?smga q bisa ikutin jejak ibu ya?jadi pengin ketemu secara langsung bu, dmn dan kapn ya ada kesempatan bu?

  5. cahbagus

    Cocok buat jadi presiden

  6. wah subhanalloh bener2 sumber inspirasi buat kaum hawa agar tidak sekedar bisa berkarya dan produktif tetapi juga sukses … ini menguatkan keyakinan akan sabda Rasul = bahwa dari 10 pintu rizki yang 8 adalah melalui perdagangan

  7. sapto

    saya cuma bisa bilang luar biasa,moga saja usahanya bisa merekrut karyawan yang lebig banyak(terutama orang Indonesia,termasuk saya),kebetulan saya belum punya pekerjaan tetap,barang kali nantinya bisa belajar ,karena saya percaya SUKSES adalah HAK

  8. Budhi

    Hebat,….luar biasa. Sampai tercengang saya membaca tulisan ini. Semoga menjadi inspirasi dan menggugah saya dan siapa saja yang menginginkan perubahan. Thanks

  9. pipip

    tidak terbayangkan oleh saya bgmn ibu susi bisa menapak perjalan dari bukan siapa2 sampai dengan saat ini..
    ingin rasanya berguru pada ibu..

    trima kasih, anda inspirasi buat saya dan istri serta banyak orang lainnya

  10. Atut Kurniawan

    Membangkitkan inspirasi, mengingat perjuangan/spirit yg sama yg sedang kita tuju, juga dengan seorang “ibu” yg mempunyai mental kuat. Untuk “Keemasan Indonesia”.

    Boleh sharing pengalaman dalam pengembangan bisnis nya ?

  11. hairul

    aku mulai mengenal ibu susi setelah aku melihatnya di sebuah acara di salah satu stasiun tv nasional dan aku sangat terpesona dengan kesuksesan yang dia raih itu, aku jadi termotivasi untuk menjadi sukses. ibu susi bagi – bagi dong ilmunya

  12. Hmm..betul saya pribadi kenal baik dgn keluarga dia karena kami memang satu daerah di Pangandaran. Dia memang wanita berjiwa sosial tinggi, perhatian keluarga, tdk lupa diri dech pokoknya, he2..
    Yg jelas cocok banget KartiniNya indonesia jaman sekarang. betul Cocok buat presiden atau wakilnya, he2…….
    Bravo Mba Susi Pangandaran.

  13. wiwin

    Kebetulan saya wartawati surat kabar di Jakarta, sangat terinspirasi dengan tulisan di atas. bolehkah saya memperoleh nomor kontak untuk menghubungi ibu Susi? kalau boleh, tolong di e-mail ke saya di wiwinhendra@yahoo.com.sg. terimakasih

  14. ade

    Mantaaff.. baru minggu lalu saya merasakan service Susi Air dari Banjarmasin-Muarateweh PP. Pesawatnya baru.

  15. bagus pranoto

    Saya pedagang ikan dari Tegal yang memasok ikan ke jakarta dan bandung.Untuk ukuran umur bisa dibilang masih sangat muda,dan masih sangat butuh pemasaran yang lebih luas mengingat harga ikan di jakarta tidak stabil.untuk itu saya butuh masukan dari pihak-pihak yang sudah berpengalaman seperti Bu Susi…mohon di beri masukan!!!

  16. Ima

    Fiiiuuuhhh.. ga kebayang ih perjuangannya.
    Saluuuttt.. menginspirasi sekali… 🙂

  17. […] http://www.muarateweh.com/2007/03/07/study-women-and-their-rela… 2 of 5. 6/28/07 3:14 PM …Susi Pudjiastuti: Sudah Menjadi Kupu-kupu. : Sudut Pandang …Sudut pandang Nukman Luthfie, seorang pebisnis online, mengenai hal-hal di luar Internet Business, […]

  18. wanita super… satu kata Luar Biasa..!!

  19. Oktavianto Soeroso

    Ass.wr.wb…
    Sy Okta,male.
    Sy ingin menggali ilmu dan pengalaman bisnis bersama Ibu Susi Pudjiastuti,seorg tokoh usahawan yg sy kagumi.
    Mohon sampaikan kpd beliau,bhw sy ingin mengenalnya.
    T.kasih,wassalam…

  20. Rans APS

    wooooowwwwwww………
    ternyata beliau pemilik Susi Air….
    (Susi Pudjiastuti)
    pesawat beliau yg ternyata mendarat di bandara tempatku tugas…!!!
    huhuuu……. mataaaaaaaffffff

  21. Wah dahsyat… gw sangat hobi sekali berbisnis,,
    InsyaAllah gw akn susl mb susi.. amin..

  22. santos

    salut buat ibu susi, pak ada buku yang mengungkap seluk beluk beliau dari kecil hinga sekarang sukses. tek ada kirim info ke email yaa…trimakasih…

  23. yudi

    saya merasa ibu Susi adalah contoh Kartini jaman sekarang bisa menjadi inpirasi wanita indonesia lainya,
    Saya juga pekerja dibidang transfortasi udara,kalau ada kesempatan ingin rasanya bergabung dengan susi air

  24. Baca tulisan ini, nambah semangat
    TOP banget Pak

  25. FATMAH KEI LANUR

    Yth Ibu Susi Pudjiastuti,

    Pertama saya memperkenalkan diri saya. Nama saya Fatmah KEI LQNUR/POLHAUPESSY berdomisili di Perancis dan sedang berlibur di Indonesia sampai pertengahan Juli.

    Apakah Ibu berkenan dan ada waktu sedikit untuk berkenalan. Karenasaya baca diwebsite Ibu menyewakan pesawat. Saya ingin mendapat informasi yg lebih jelas. Terima kasih atas perhatiannya dan Ibu dapat menghubungngi saya di nomor 021-7827517 atau di mobile 0821.22390.222

    Wassalam
    Fatmah KEI LANUR/POLHAUPESSY

  26. hallo,ibu susi….nama saya nuryati erina rizkania.panggil saya nuri.bu,tolong dong bikin buku kisah ibu saat masih kecil hingga sekarang ini.tolong ya………

  27. Saya pernah membaca artikel lengkap tentang Ibu Susi di Majalah Femina, sungguh menginspirasi, luar biasa ada sosok perempuan seperti beliau…

  28. Wah jadi ini super woman yang diceritakan teman saya. Saat dia berkunjung baru beli helikopter dan mengajak ibunya naik. Ibu Susi menerbangkan sendiri helikopter itu setelah belajar beberapa bulan di Amerika
    Super!

  29. luar biasa salut,Ibu susi..!!
    Ibu adalah jadi salah satu panutan sy yg terbesar saat ini.sy akan berusaha untuk mengenang ibu waktu sedang bisnis.
    sy mencoba bisnis jadi entrepreneur 8 tahun tapi belum jadi,karena saya mesih menjadi pekerja/profesi yg lain.maka,secepatnya akan sy tinggalkan profesi yg lain tsb untuk fokus ke bisnis yg sudah sy rintis,semoga berhasil,amin,nuwun,trima kasih,thank you Mom.!! 🙂

  30. sekarang udah jadi mentri perikanan,,,orang jujur,yang mujur

  31. Hallo bu Susi apa kabar. pertama saya ucapkan selamat atas kepercayaan rakyat Indonesia khususnya kaum nelayan dan masyarakat maritim umumnya yang menaruh harapan besar dipundak bu Susi .

    Beberapa tahun lalu kita pernah bertemu dan berbincang bincang membahas bisnis perikanan laut dan rencana pengembangan usaha bu Susi dimana perbincangan ini dilanjutkan dalam beberapa kali pertemuan namun dikarenakan semakin meningkatnya kegiatan masing masing maka pertemuan selanjutnya terputus .

    Sebagai pemerhati masalah kehidupan nelayan dan rasa keprihatinan terhadap usaha perikanan laut kelas bawah, apakah bisa saya memberikan sedikit masukan kepada bu Susi dengan harapan program pengentasan kemiskinan nelayan dapat dimasukkan kedalam program kerja Kementrian kelautan dan Perikanan yang berada dibawah management bu Susi saat ini .

    Semoga Tuhan YME memberkati dan memberikan kekuatan kepada bu Susi untuk menjalankan kepercayaan rakyat Indonesia .

    Trima kasih .

  32. […] Susi pudjiastuti: sudah menjadi kupu-kupu. : sudut pandang […]

  33. […] Susi pudjiastuti: sudah menjadi kupu-kupu. : sudut pandang […]

  34. Bangga sama Ibu Susi yang merintis usaha dari bawah dan sekarang dipilih menjadi menteri di Kabinet Kerja Jokowi-JK. Semoga beliau dapat mengemban amanah sebaik-baiknya khususnya di bidang kelauta/maritim. Amin!

  35. sungguh luar biasa, selamat bertugas bu Menteri.

  36. Adit

    As a person, Saya termasuk org yg angkat topi dengan keberhasilan Ibu Susi dlm meniti karier sbg pengusaha.

    Namun disini yg perlu diingat, Ibu Susi diminta utk menjadi seorang menteri. Menteri adalah jabatan politik, dimana dibutuhkan seseorang yg tdk hanya cakap dlm urusan bisnis & hal2 lain yg termasuk didalam-nya. Namun juga harus bisa mengaplikasikan politik dan kebijaka negara mengenai kelautan yg lebih kompleks. Sehingga menteri mampu membuat bangsa ini menjadi lbh bermartabat.

    Menteri adalah deputy presiden, yg berarti juga termasuk bagian dari wali negara. Tdk bisa sembarang menempatkan anak bangsa diposisi ini. Mohon digarisbawahi hal ini sebagai penekanan.

    Saya kira tanpa harus memegang jabatan menteri Ibu Susi pun dapat berperan untuk negara, dan tetap mendapat pengakuan sbg Kartini bangsa.

  37. mantap dari 6 tahun yg lalu beliau sudah dikenal sebagai wanita Indonesia yg memupunyai jiwa bisnis. Sukses Selalu Bu Susi, semoga Indonesia saat ini Kelautan dan Perikannya makin jaya…amiin

  38. Salut banget buat Bu Susi, memang ijazah sebenarnya bukan patokan kok.
    Pecuma saja kalau pendidikan tinggi tapi ujungnya jeruji besi.
    😀
    Semoga Tuhan selalu menyertai dan melindungi beliau untuk membela dan memperjuangkan rakyat, khususnya yang bergerak di bidang kelautan. Aamiin.

  39. mantap pak nukman untuk tulisannya, semoga menjadi motivasi untuk kita bersama dan bu susi akan menjadikan indonesia lebih maju semaju usahanya, amin ya robal alamin.

  40. Emha Hermana

    Alur tulisannya mas Nukman sgt imajinatif,seolah ikut berproses, salut! Tp yg jelas bu Susi ini jd pembeda dgn org Indonesia kebanyakan, yg berorientasi pd hasil & status, sgt sdkt yg menghargai proses, dan inilah inspirasi Susi, you Rock mom !

  41. Maria Rosdiana Deno Ratu

    Salut & hormat u Ibu Susi Pudjiastuty, Menteri Perikanan RI.
    Perjuangan & kerja kerasx telah berbuah banyak dan berguna bagi banyak orang kecil (nelayan, dsb).

    Ibu, klo boleh, bisa kah dibuat iklan bagus n bermutu di TV ttg: “ayo makan ikan agar sehat, rajin & cerdas”. Biar ajak seluruh warga agar selalu mengkonsumsi ikan…

    Smg Tuhan YME selalu menjaga Ibu.

    Terima kasih.

Leave a Comment