Slank yang Nggak Slenge’an

Akhir tahun lalu saya diwawancari oleh sebuah lembaga riset di Amerika Serikat, mengenai siapakah individu atau kelompok orang Indonesia yang paling berpengaruh bagi anak muda di Indonesia maupun di kawasan regional Asia Tenggara? Dengan berbagai pertimbangan, untuk kelompok orang, tanpa ragu saya menjawab: grup musik Slank!.

Setelah melihat gebrakan mereka di awal tahun ini, saya semakin yakin dengan jawaban itu. Ya, Slank terus saja berkarya dan membuat gerakan moral. Mereka misalnya, berhasil menyengat dan memancing amarah kalangan DPR dengan lagu “Gosip Jalanan”.

Mau tahu nggak mafia di Senayan
kerjanya tukang buat peraturan
bikin UUD ujung-ujungnya duit.


Sebenarnya Gosip Jalanan bukanlah lagu baru. Lagu bernuansa protes terhadap perilaku korupsi aparat dan politisi itu sudah beredar sejak empat tahun lalu. Namun karena dinyanyikan di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KP) akhir Maret lalu dalam rangka mendukung pemberantasan korupsi, aksi itu diliput banyak media massa. Apalagi semua personel Slank — Bimbim, Kaka, Ridho, Abdee dan Ivanka — berkaos hitam dengan “Slank Anti Korupsi” menyerahkan album dengan judul yang sama dengan tulisan tersebut. DPR — yang tempatnya memang di Senayan — merasa tersindir sehingga Wakil Ketua Badan Kehormatan DPR, Gayus Lumbuun, menyatakan akan menuntut Slank.

slank

Anda semua, saya yakin, sudah tahu betul siapa itu Slank. Jadi saya tidak akan mengulang-ulang lagi kisah yang sudah bertebaran di mana-mana dan sudah Anda ketahui — termasuk bagaiamana mereka berhasil membangun jutaan penggemar baik di dalam maupun di luar negeri, bagaimana mereka konsisten berkarya, bagaimana mereka mempengaruhi pandangan banyak anak muda, dan sebagainya.

Saya hanya akan memberikan alasan pribadi, mengapa lima sekawan Slank itu saya pilih sebagai Inspiring Person kali ini — setelah sebelumnya saya menulis Steve Jobs dan Warren Buffett.

Daya hidupnya itu..
Sulit mendapatkan grup musik bagus yang masih bertahan lama di tengah hingar bingar kecenderungan pop dan musik ringan saat ini. Kebanyakan kelompok musik menjadi populer kemudian hilang dalam sekejap tanpa sisa, baik karena tidak populer lagi, atau bertikai kemudian pecah. Desember lalu, Slank merayakan ulang tahunnya yang ke 24. Jelas itu bukan usia muda. Formasi terbarunya tidak pernah pecah selama 10 tahun terakhir.

Kalau bisa masuk ke usia 30 tahun, mereka bisa dikategorikan sebagai grup legendaris.

Slankers-nya itu lho.
Dari sekian banyak penggemar kelompok musik, pecinta musik Slanklah yang paling fanatik. Slankers ada di mana-mana. Mereka membentuk wadah untuk silaturahim, selalu hadir di setiap acara Slank, dengan pakaian ala Slank, dan — tentu saja tidak lupa sambil mengibarkan bendera Slank. Kalau mereka berantem di konser, dengan mudah ditenangkan oleh Kaka, hanya dengan kata-kata “Peace!” sambil mengangkat jari tangan berbentuk V. Anda pernah menemukan penggemar grup musik sefanatik dan sedamai Slankers? Saya belum pernah.

 

Perubahannya itu ..wah.
Siapapun yang pernah kena narkoba akan sulit lepas dari benda laknat itu. Sudah banyak contoh, mereka yang tobat, namun dalam tempo singkat kembali terjerat. Bimbing dan kawan-kawan sudah pernah terkena virus itu. Namun, setelah bertobat bertahun-tahun lalu di bawah pengawasan ibunya yang juga manajernya — bunda Iffet Sidharta, mereka tampak sudah lepas total dari rayuan narkoba. Mereka kini montok dan bahkan menjadi salah satu ikon gerakan “Say No to Drug”.

Kehidupan keluarga mereka juga tampak harmonis. Tatkala selebriti lagi terkena isu kawin cerai, selingkuh, dan sejenisnya, personil Slank jauh dari isu tersebut. Padahal, dengan popularitas dan karisma mereka, mestinya banyak cewe yang jatuh hati dan rela mati demi mendapatkan mereka.

Bukan hanya itu. Mereka juga aktif mengkampanyekan hal-hal positif. Anti Korupsi adalah gebrakan teranyarnya. Sebelumnya, kecuali gerakan anti narkoba, mereka juga aktif dalam gerakan hijau untuk menjaga lingkungan. Hebatnya, mereka melakukan itu dengan amat cerdas. Coba perhatikan kalimat Kaka, sang vokalis, ketika di KPK Maret lalu. “Pemberantasan korupsi tidak melulu soal penindakan terhadap koruptor. Tapi juga penyadaran mental kaum muda. Percuma kalau koruptornya diberantas, tapi bibitnya tetap ada, ya, korupsi bakal ada terus.”

Kesederhanaannya itu..
Konsernya memang garang. Lagunya keren-keren. Namun mereka sangat sederhana di panggung. Pakaian mereka biasa saja. Wajah mereka juga mewakili wajah-wajah kebanyakan orang sederhana. Sama sekali tidak ada aura mewahnya. Saya rasa, kehidupan pribadi mereka juga jauh dari bermewah-mewah.

Itulah hal-hal yang membuat saya mempostingnya hari ini di kategori Inspiring Person. Slank memang bisa berarti slenge’an alias asal-asalan bin urakan. Penampilan mereka terkesan slenge’an. Namun, Slank jelas jauh dari ciri itu. Jati diri mereka sesungguhnya ya seperti yang saya tulis di atas.

Note:

Foto diambil dari Kompas.

Related posts

49 Thoughts to “Slank yang Nggak Slenge’an”

  1. Bukan “Say No to Drug” pak, Tapi “Say Kuno to Drug”.

  2. wah…dari sisi mana yang bisa diambil untuk pengetahuan tentang website?? hehehe…

    padahal lagi menunggu artikel tentang ilmu seputar website

    rada kecewa sedikit neh..setelah ditunggu lama..

  3. Ray

    Postingannya itu tuhh…. pake itu semua..
    yak hampir terkena virus Tika banget nih pak nukman 😀

    Btw saya juga penggemar slank, bahkan koleksi dari album pertama (suit suit.. th 91) sampai album ke 6-7 saya lupa, habis itu karena koleksi saya tidak pada balik akhirnya menyerah tanpa syarat gak pernah beli Kaset lgi 😀

    Saya pribadi malah tidak tahu kapan mereka lahir, saya pikir ya tidak jauh sebelum album pertama lahir 😀 ternyata malah jauh sebelumnya. 8th sebelum mengeluarkan album resmi perdananya. bayangkan dengan musisi ingusan tanah air.. yg begitu mendapat tepok tangan langsung berani buat album.. ya akhirnya terbukti, begitu tepuk tangan selesai, album dan karir juga selesai.
    sangat jarang group musik Indonesia bisa tetep exsist seperti mereka,tetep exist dan jadi inspirasi banyak orang.

    Salut untuk Slank dan postingan pak nukman 😉

  4. wah, ber-itu-itu-ria..
    hihihihi..

    sayah pernah punya masa ketika sangat fanatik dengan Slank.
    lagu2 mereka semakin pop sekarang ya?

  5. Dulu Slank juga sempat jadi inspirasi saya, sewaktu jaman ngeband waktu sekolah. Tapi saya berhenti memuja mereka ketika mereka konser di kampung halaman saya. Waktu itu Kaka mengangkat tinggi tangan kirinya yang memegang selembar daun ganja. Dan tangan jempol tangan kanannya mengacung ke udara..

    Saya senang ketika mereka akhirnya tobat. Walaupun saya tetap tidak kembali memuja mereka..

    Tapi saya tetap salut yang setinggi – tingginya pada Slank..

  6. Yap. Betul, Saya juga suka denger lagunya tu. Kenapa yang di DPR mesti marah? kalo kenyataannya emank seperti itu. Hmm.. saya punya pertanyaan ni pak. Kira kira menurut bapak solusi untuk menghilangkan CAP JELEK DPR tu dengan cara gmn? Saya rasa ini sudah sangat rumit bgd untuk di selesaikan. Thanks

  7. Selamat deh buat Slank, kali ini benar benar memberikan penyadaran bangsa…. Layak sekali jadi Inspiring Person tentunya

  8. ysk

    mungkin yang duduk di senayan mengikuti perkembangan lagu baru jadi biar gakerulang lagi .. lagu lama … ee protesnya udah lewat jadinya BASI….heheheheheehe

  9. great post!
    this article inspires me.

  10. saya salut dengan slank…
    seolah ia mampu membuat dunia sendiri yang erat sekali dengan kenyataan

  11. mafang slanker

    #2 slank & web
    slank.com eksis sejak 97 (kalo liat di archive.org sih baru th 99), domainnya aja expired sampe 2013.. niat punya web tapi sayang kayanya webnya kurang diurus 🙂 padahal kalo gak salah pernah menang Bubu Awards

    terima kasih Pak, buat postingannya

    myspace.com/slank
    friendster.com/slankband

    slankerscyber.com
    slankchord.com

  12. Bagi saya slank adalah sebagai DPR di negara Indonesia ini karna dari lirik & albumnya selalu menyuarakan keadaan sosial dalam negara ini.
    Selamat 4 Slank dan Slankers sedunia
    P E A C E …..!!!!

  13. SLANK..
    tetep semanget..
    ntar lagu2 slank bakalan kayak lagu2 iwan fals yang melegenda..

  14. Sidiq Permana

    gini..semua itu kan realita..gak usah lah pake DPR” an lembaga itu cuma sampah bangsa…bayangin aja kalau semua tingkah
    mereka diekspos semua? apa kata dunia..dukung terus slank..dukung terus perubahan…ini bukan reformasi kebablasan

  15. Slank Emang Slank tak kurang dan tak lebih 🙂

  16. jadi inget lagu “memang”
    memang rambutku memang gondrong jangan menghina…
    slank memang anti maling,garong,apalgi klepto..
    memang sebagian anggota dewan adalah klepto..

  17. Dari gue masih kecil sampe sekarang gue masih suka slank,terutama lagu “terlalu manis”, tampaknya nama slank bisa abadi di blantika musik indonesia. peace.

  18. cuma mo bilank PISS for aLL
    PLUR “SL 4 NK”
    PISS..PISS..N’ PISS

  19. u_cank

    tetep semangat untuk slank…!!!!!
    lirik itu memang pantes untuk DPR
    yang hanya meminta uang……
    lebih baik mendingan gak da DPR ja….!!!!!

  20. schatzi_oetama

    thx bos 4 artikel about slank nya.aku setuju dengan apa yang bos tulis.
    SLANK IS THE BEST. SLANKISSME. SLANK 4EVER. SLANK IN MY BLOOD

    SALAM PLUR

  21. agung rizkyawan

    DPR, kamu harus contoh Slank, mereka pernah terjerat oleh si bangsat Narkoba tapi mereka kemudian bisa sembuh dan bangkit dari keterpurukan karena narkoba. contoh itu DPR jangan Selalu Begitu heeey DPR

  22. bangir

    koruptor=BANGSAAAAAAAATTTTTTTTTT!!!!!!!!!!!!!!!!

  23. razi

    saya pikir yang suka slank cuma anak abg doang..
    eh ada orang kayak bapak juga salut sama slank

  24. Slank tu memang pembawa semngat bg klngan ank muda…Bisa membuat perdamaian antara anak muda..
    Slam Slank…Bsk kmis jd kan d Istara..?

  25. kakday

    Pass banget pak artikel anda
    bulan-bulan kemaren Slank Tour Eropa
    ga cm di indonesia Slanker nya diluar buktinya
    hmmmm,,,, luar biasa

    acara slank bersama minak jinggo g mengangkat budaya dan Go Green nya

    salam Slankers 😀

  26. vina

    Comentnya top bgt pak,saya setuju!!!

    sLm PLUR bWt aLL SLANKERS Lovina

  27. aiiu...

    Slam sLenGE’aN cOy……….KpaN nEy maEn kE hUmZnA oM bEjO d mLang???oZ kuW mO tEmU kNgEn aM sLaNk….KuW sLanKeRS bErAT nE…..MaJu TruS bWat sLanK……..

  28. HERRU AFRIANTO

    NGOMONG2 KITA SAMA TU ULTAH NYA (12 APRIL 1982),KAPAN YA SLANK K BATAM LAGI BIAR KITA NGERAYAAIN NYA BERSAMA ITU PUN KALO LO SEMUA
    PADA MAU.OH YA GUA SALAH SATU SLANKERS KOK.SEMOGA APRIL TAHUN DEPAN SLANK KONSER LAGI DI BATAM,Thank’s

    please kirim your email

  29. Salut buat SLANK..

    Slank bukan sekedar band.. tapi juga inspirator..

  30. Afriyan Ramadhan

    memang penampilanku jg rupaku slenge’an.
    memang cara hidupku tak teratur pengangguran.
    tapi ku yakin dia bahagia, karena dia mawar merahkuuuuuuuuuuuuuuu…
    ini mi prinsip dari slank yg gw paling senangi..

    Road To Peace!!!

  31. di konser dangdu dan konser konser lainnya, pasti ada bendera Slank dan satu lagu bendera OI….

  32. Rio

    Slank kpn maen ksby? Bim2, aq pgen ktmu lgsg ma qm. Aq sllu brnynyi lgu yg engkau cptkn kw nynyikan. Kw sllu jd insprsiq kw adlh bintang hatiq. Aq sllu brdoa ma tuhan biar bs ktmu qm lgsg tp knp smpe saat ini g prnh trcpai. Aq cm bs mlht qm hny dlyr kaca, s0ry y bim aq g bs lht lgsg cz aq 2h msh skul. Q hrz tggung jwb ma kwjbanq nie. I love slank

  33. aq slankers abiiissss sejak sd kelas 6.slank jd inspirasi dlm hidupku.kaset2 SLANK lengkap d kamarku,dr SLANK 1-16.SARAN KU BUAT SLANK,coba kembali hayak dulu lagi.ROCK N’ ROLL abiiiisss,,SLENGEAN ABISSSSSS………..N KRITIKOR ABIIIISSSSSSSSSS…………. SALAM DR Anak2 SLANK P.SIANTAR……….. KPAN SFC nya siantar d buat teman2……………????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  34. feghi

    kapn yc slank maen d cianjur lagi

  35. riyan

    w cinta slank sampai mati

    kecil d suka
    muda terkenal ..
    tua kaya raya ..
    mati ???
    masuk surga.

    salam manis dear : slankers BOGOR

  36. Slank Bagai Bidadari penyelamat

  37. slank menang patut kita banggakan…

    ILOVE YAU SLANK
    MUUUUUUUUUUUUAAAAAAAAAAAAAAHHHHHHHHHH………
    salam selenge’an dri kami
    SLANKER NGANGKANG CIANJUR……

  38. hafidh

    SLANK adL band yG gax ada duanya.SLANK tlaH manjadi inspirasi ku untuk bersemangat dalam menghadapi hidup ini.mungkin gak cuma aku aja tapi anak anak muda laennya di indonesia.kekompakan dan karya karyanya patut dicontoh anak muda.I LOVE U SLANK.salam maniezt SLANKERS BANTUL

  39. FARIZ

    HIDUP SLANKERS,……….?

  40. I love u slank…

    hidup sederhana g punya apa2 tapi banyak cinta, hidup bermewah mewahan punya segalanya tapi sengsara… SEPERTI PARA KORUPTOR!!

  41. Lancip

    saya mewakili slankers tangerang,khususnya bhoelack island selalu terus cinta damai,tanpa ada kekerasan di negri ini I LOVE YOU SLANK tetap semangat menciptakan kerya2 atau lagu2 yang tarbaik di dunia ini amin…….. pisssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  42. putra slank

    sy mewakili slankers (alor)NTT,,,,,,SAY yes to plur put say no to angry,,,,,majuterus pantang mundur,,tebarkan virus2 perdamaiyan,,,,,,,,,hingga dunia menutup mata,,,,salam damai yah smau dari slankers NTT(SLANK IS THE BEST)GARUDA DI DADAKU SLANK DI HATIKU,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ALOR SLANKERS CLUB

  43. Terimakasi buat SLANK yg telah memberikan kehidupan yg lebih baik buat gw.
    Dulu hidup gw ga punya warna tapi semenjak gw kenal ama SLANK kehidupan gw kaya lebih berwarna kaya melihat suasana yg baru .
    kapan ya SLANK bisa manggung lagi di karawang gw kangen ama KAKA.BIMBIM.RHIDO.ABDEE.ama.IVAN K.
    pingin lihat lg penampilan mereka .

    salam buat ANAK-ANAK SLANKRES…
    SALAM PLUR BOORLY VISS….?

  44. 4+5+3=p

    smenjak gw ngnal slank hdup gw trasa sdah mempunyai arti yng sebenarnya

  45. Rendi Kurniawan (Slankers)

    Semua lagu SLANK, Kehidupan Slank… Hampir sama seperti kehidupan gw skrang… mkanya itub smpai skrang gw tetap suka dgn semua lagunya..
    PLUR V

  46. Sewaktu SMU, saya pernah jadi slanker, pernah berkunjung ke gang potlot juga, hehehe…betul kata Pak Nukman, klo ada ribut”, Kaka tinggal bilang peace dan mengacungkan jari V, langsung lerai, saya melihat sendiri kharisma Kaka saat melerai keributan di salah satu konsernya, betul-betul inspiring

  47. Didik

    Gw mwkili slankers borobudur., hanya ingin ngucapin salam damai,dan peace bwt slankers dunia,

    kapan slank tampil di borobudur? Gw sangat rindu dgnmu, atow tampil dijogja aja,”mas bimbim,I LOVE U

  48. Dari kultwit Bang @IndraQ (BIP, eks keyboardist SLANK) menyambut Ulang Tahun SLANK kemarin. SLANK sendiri singkatan dari :
    Suara Langkah Anak Muda Kreatif

    Namun sejalan dengan gaya yang sederhana dan slengean jd pas dengan nama band nya 🙂

    Keren Guru postingnye, walau saya sudah lama tidak konsumsi musik SLANK (yg masih hanya formasi 13 saja, album 1 sd 5)

    Majulah SLANK, maju anak muda Indonesia

Leave a Comment