Fokus Pada Tujuan

Pernahkah kita merasa kebanyakan pekerjaan rumah yang tidak rampung-rampung juga? Pernahkah kita bangun tidur dengan beban harus mengerjakan ini itu yang seharusnya dikerjakan kemarin-kemarin?

Saya pernah.

Pernahkah kita merasa hari-hari kita tidak produktif? Pernahkah kita merasakan hari berlalu begitu saja dan tidak ada satu pun hal yang selesai kita kerjakan padahal itu hal yang amat penting?

Saya juga pernah.

Pernahkah kita merasa bosan, jenuh dan kemudian menonton teve berjam-jam?

Tentu saya pernah.

Pernahkah kita melihat begitu banyak peluang dan ingin merengkuh semuanya — dan pada akhirnya yang terengkuh tak seberapa — atau bahkan sama sekali tak ada yang terengkuh?

Kebetulan saya belum pernah 🙂

Dan saya yakin, kita semua pernah mengalami hal-hal seperti itu. Tentu dengan kadar masing-masing. Ada yang memang punya budaya menunda pekerjaan sehingga repot sendiri setiap harinya. Ada yang memang “karena kita manusia” maka kita juga punya peluang sekecil apapun untuk jenuh, lelah dan akhirnya tidak produktif.

Sebenarnya kebiasaan buruk (atau kelemahan) semacam itu bisa dipangkas jika kita memiliki sikap untuk fokus pada tujuan.

IMG_0566

Kalau kita ingin menjadi karyawan terbaik misalnya, dan kita fokus betul ke tujuan itu. Dengan fokus yang jelas itu, maka dengan sendirinya kita membangun habit menuju ke sasaran.

Kalau mau jadi entrepreneur, jagalah terus menerus fokus ke sana, sebab kalau kita kehilangan fokus ke tujuan itu, sampai matipun kita belum tentu jadi pengusaha.

Kalau mau berhenti merokok, fokuslah pada tujuan itu. Sekali kehilangan fokus, tanpa sadar kita akan menghisap asap beracun itu lagi meski sudah pernah berhenti.

Only through focus can you do world-class things, no matter how capable you are. Bill Gates (Fortune, July 8, 2002)

Related posts

41 thoughts on “Fokus Pada Tujuan

  1. Nice post (sedang mencoba untuk fokus jadi entrepreneur) 🙂

    NL:
    Thanks Angel. Semoga makin http://www.Kutukutubuku.com cepat maju

  2. Wah….
    Tulisannya gue banget nih Pak
    Thanks sudah mengingatkan
    Saya juga lagi berusaha menjadi orang yang fokus dan disiplin 🙂

    NL:
    Wah kalau semakin fokus, mas Jonru bakal makin melesat nih.

  3. whew…. fokus ya…
    Siap pak! setidaknya ini yang sekarang saya jaga habis-habisan di masa skripsi 🙂

  4. ysk

    Nah inilah pak yang susah kalo mau fokus… gimana mau fokus mau mulai aja udah mikirin yang lain yang lebih ingin baiklah lebih ingin majulah.. lebih cepatlah akhirnya yang didepan mata gak dikerjainn gimana dong? BTW trims infonya.. FOKUS ah…

    NL:
    Kecuali fokus pada tujuan, penting juga untuk “Fokus pada hari ini”.

  5. Fokus seperti membidikan anak panah ke target…sedikit saja lengah atau tidak fokus, maka anak panah tidak akan tertancap tepat sasaran…Apakah Fokus itu berarti kita tidak peduli sama sekitar kita?

    NL:
    Bukan tidak peduli pada sekitar kita, tetapi tidak peduli pada hal-hal yang bisa mengganggu mencapai tujuan.

  6. Bagi saya fokus itu susah…. apalagi untuk orang yg terlalu banyak kemauan dan tidak pernah puas, seperti saya ini… Tapi dengan ini, saya akan terus belajar… setidaknya hari ini pekerjaan saya harus selesai, daripada menunggu hari esok… Tapi nyatanya, pas ngejalanin.. ada saja godaannya untuk tidak fokus…. hehehhee

    NL:
    Alamiah itu Dhea. Tapi hanya mereka yang fokus yang terbukti memiliki performa top

  7. 🙁

    nyindir sayah ya..

    NL:
    Ndak Tik :). Btw, cepat lulus ya.

  8. stay focus till the end…
    jungkir balik, jatuh bangun, tapi tetep semangat!!!
    begitukah om?

    NL:
    Yup. Saya suka semangat Dian 🙂

  9. ini web yang sangat bagus, seorang master yang mengajarkan agar berbisnis secara etika di internet, sungguh layak dijadikan guru.

    NL:
    Terima kasih. Blog Tentara Langit juga bagus. 🙂

  10. Ah.. ternyata Pak Nukman pernah mengalami hal yang sama, saya kira cuman saya saja di dunia ini yang merasa seperti ituw.

    Terima kasih atas pencerahannya pak…

  11. Ok bangets.. Tapi susah juga kalo mo fokus jadi best karyawan trus fokus coba w’swasta sendiri. Mohon pencerahannya. Warm regards [budiw]

  12. Jadi malu ketauan, xixixixi herannya kadang kita sepenuhnya sadar kita sering tidak fokus, namun masih saja sering kita mengulanginya. Gimana ya ngilanginnya? hiks..

  13. iya nih pak.. gara2 tugas akhir gak kelar2… jadi gak bisa fokus, selalu ada dilema antara kuliah atau cari duit buat kuliah, yang akhirnya berujung ke cari duit buat kuliah, idup, pengalaman dll.

    blog juga sama… jangankan fokus pada tujuan… lha wong tujuan ngeblog aja gak jelas… beri saya pencerahan pak >.

  14. indiana jones

    bagaimana caranya proyek saya cepat kelar, saya cepat pulang ke kandang, dan gak terlunta lunta di negeri orang….(putus asa mode on)

  15. Terima kasih nasehatnya soal fokus pak…
    Gak fokus itu melelahkan tapi asyik hehehe…
    Tulisannya terlalu pendek, berseri dong Pak… masih belum puas nih mbacanya…

  16. kw

    saya kok susah banget ya fokus. sering menunda dengan seribu satu alasan pembenaran. hmm apakah fokus itu harus dipaksakan pak nukman?

  17. Fokus pada tujuan memang bagus Pak, tapi butuh kesabaran dan kadang pengorbanan yang besar. Dengan kesungguhan tujuan pasti tercapai. Seperti keberhasilan XL mengubah brand image menjadi operator seluler bertarif murah. Perlu biaya promosi yang tinggi dlm jangka yang panjang, apalagi dlm persaingan yang keras. Hasilnya kenaikan pelanggan 6 juta setahun…moga kita tetap fokus pada tujuan dan berhasil…

  18. menunda pekerjaan = tidak fokus pada pekerjaan

    saya baca posting ini karena sedang tidak fokus pada pekerjaan 😀

  19. susah sekali harus fokus pada satu tujuan, kita ini manusia biasa terkadang tidak merasa puas dengan apa yang telah kita miliki..sudah jadi pegawai ..masih mau nyari sampingan 😀

  20. Assalaamu’alaikum Pak Nukman,

    Senang sekali dengan kehadiran blog Bapak ini bagi pencerahan SDM kita Pak. Selamat ya Pak.

    Mengenai topik kita ini, saya ingin tanya dikit Pak. Bukankah “Apa yang kita fokuskan, itulah yang kita dapat” ya Pak.

    Yang sering terjadi, tanpa sadar, pikiran kita justru fokus pada “hal-hal negatif”, hal-hal yang sebenarnya kita takuti, sehingga akhirnya terjadilah (terbuktilah) “hal negatif yang jadi fokus kita itu”. Misalnya entah bagaimana pikiran kita jadi berpikir “ini akan gagal, klien itu pasti nolak, dllsb”.

    Apakah ini normal saja Pak? Apakah ini “on the right track?” Bagaimana menghilangkannya?

    Terima kasih Pak.

    Wassallam

  21. bek

    gimana bisa fokus pak..
    kl kerjaan banyak orang dikerjakan sendirian 😀
    mulai dari kerjaan web sampai ketemu klien dan ngurusin produksi cm ada satu orang, belum lagi kl niat mo bikin buletin sudah ada di kepalan ahuahaua..

    capek deh jadi orang yang terbiasa total football

    btw.. saya sempat baca bukunya Jack Canfield – The Power of Focus bagus juga lho..

    cm emang belum ada kesempatan buat mempraktekkannya (nasib nasib :p)

  22. Kalau fokus, tujuan jauh lebih cepat tercapai dan tentunya efisien.

  23. Koko

    Yupz…fokus adalah slh satu cara bwt ngegapai tujuan.

  24. lodi

    senang sekali bertemu dg komunitas orang yang fokus…:) apalagi pengasuhnya luar biasa!! apllaus yang meriah untuk anda pak!

    profil saya ada di http://www.jalansukses.com

  25. rianto

    senang bisa fokus semua masalah cuma satu jawaban kurang fokus dan kurang komitmen dengan fokus trus gimsns csrs kits tidsk lups dengsn fokus dan tidak gampang tergoda ……saya merasa sudah menghabiskan separoh hidup saya sekarang saya harus fokus pada prioritas dan paling penting trimah kasih pak nukman lutfie dari IDOLmu )085246036977 samarinda

  26. Well, senang bisa ketemu web orang2 sukses
    Salam kenal Pak Nukman…semoga saya terinspirasi dari tulisan2 Bapak..Sukses

  27. Kalau kita fokus pada tujuan tertentu berarti seluruh pikiran, hati dan perilaku kita mengarah pada satu tujuan. Otomatis alam semesta ini juga akan mendukung untuk mensukseskan tujuan kita, tentunya dengan tambahan keyakinan bahwa tujuan tsb akan kita raih disertai doa dan ridho dari Allah SWT.
    jangan mudah putus asah dan pantang menyerah… sehingga kita mudah dibelokkan dari tujuan kita semula…

  28. nice artikel, fokus.. fokus…fokusss…
    mudah di ingat susah dijalankan.

    sedang meretas jalan menuju pengusaha

  29. bluesaild

    sangat tepat menusuk XD krn saya paling susah untuk fokus.
    Pa’ ada ga sih cara2nya, setidaknya untuk membantu kita agar lebih fokus? karena seringkali pikiran kita berasumsi pekerjaan2 yg tertunda itu di “gara2″kan faktor luar, yg padahal faktor pengganggunya sebenarnya lebih sering dr diri kita sendiri, tp namanya manusia terkadang lebih pengennya yang disalahin itu bukan diri kita sendiri, ya jd nyalahin segala sesuatu selain diri kita.

    Terkadang sy berfikir untuk fokus itu harus merasa terdesak dulu siy… masa hrs merasa dikejar ky maling dulu br bs fokus .. hiks …

  30. egi_egi

    assalamu alaikum.
    senang sekali bisa konsultasi di web ini.
    saya ingin menanyakan bagaimana caranya supaya pikiran kita tidak memikirkan yg lain pada saat kita ingin menyelesaikan suatu pekerjaan. masalahnya kadang-kadang suatu perencanaan tidak selesai dipertengahan karena tiba-tiba ada saja alasan yang muncul dipikiran kita yng membuat kita merasa berat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. bagaimana untuk konsentrasi apabila dibawah tekanan? terima kasih.

  31. ridho

    Fokus dalam ibadah juga lhooo alias tepat waktu sholat 5 waktu

  32. raida

    keren… tulisan bapak keren2 banget… fokus.. thanks udah mengingatkan.. apapun bisa kita raih asal tetap fokus…

  33. didi

    Saya sangat pengen fokus dan setelah baca ini jadi pengen baca yang lain (tentang fokus)… padahal kerjaan masih numpuk….

    Ya Tuhan! Sebenarnya saya punya fokus bukan di kantor ini tetapi begitu lama bertahan…. akhirnya jadi engga karuan begini.

    Thx udah ngingetin!

  34. Woww, fokus penting banget yah?

  35. jadi inget film sniper, ‘i just need one shot’… kira2 begitu. itulah kekuatan fokus.

  36. mencerahkan, terimakasih tulisannya pak.

  37. pak satpam

    Dulu waktu SMP-SMA saya bisa sangat fokus ke belajar. Walau sempat tergiur dengan pergaulan yang kurang mendukung, namun saya bisa tetap fokus dan lulus SMA dengan nilai terbaik. Namun setelah kuliah dan bekerja saya jadi sulit untuk fokus. Banyak hal yang menurut saya harus saya lakukan. Apalagi setelah berkeluarga. Pinginnya sih kuliah lagi sambil memulai bisnis (pindah kwadran).

  38. wah.. thx bgd dah dikasih tips gratis..

  39. amy

    yup..semua pernah saya alami, dan mungkin sering dialami…tapi utk fokus pada satu tujuan memang tidak mudah, bnyk sej=kali godaan2 yng bikin kita jdi kembali tidak fokus.but ..at least we should try to focus at one thing.

  40. Mau berbagi tips sedikit, boleh om? tips traveling aja..buat yang suka traveling

Leave a Comment